Hammer Kayu

Adalah alat berdiameter kurang lebih 20 cm terbuat dari kayu digunakan untuk memantapkan kedudukan atau hubungan antar batu. Alat ini digunakan pada saat pemugaran Candi Borobudur.

Hardness Tester

Adalah alat yang digunakan untuk mengetahui tingkat kekerasan suatu material (batu, bata dan kayu sebagai material Cagar Budaya). Alat ini ada yang kategori makro hardnessdigunakan untuk material yang keras (beton, batu kompak), dan mikro hardness yang digunakan untuk material yang lunak seperti batu yang rapuh karena degradasi, katu dan bata yang lapuk.

Harmika

Adalah bagian antara badan dan puncak stupa. Terdapat dua jenis harmika pada stupa Candi Borobudur, yaitu berbentuk persegi empat dan belah ketupat.

Hasil Kajian

Adalah objek berwujud atau tak berwujud yang merupakan hasil pelaksanaan kajian sebagai bagian dari suatu kewajiban pertanggungjawaban, dikaitkan secara spesifik dengan objektifini, dapat berupa suatu barang, jasa yang dapat menjelaskan sesuatu telah diteliti atai dikaji secara ilmiah.

Heating mantle

Adalah alat pemanas yang terbuat dari plastik tahan panas dengan elemen besi, digunakan untuk memanaskan labu alas bulat dalam proses distilasi/ penyulingan. Heating mantle digunakan dalam proses distilasi untuk proses pemanasan selama penyulingan. Heating mantel digunakan sebagai alat pendukung dalam kegiatan pengembangan bahan konservasi berbasis bahan alam, yaitu alat pemanas untuk proses destilsi pembuatan minyak […]

Hewan

Adalah fauna baik yang hidup secara liar di alam ataupun dipelihara. Pada Candi Borobudur terdapat relief yang menggambarkan puluhan jenis hewan antara lain anjing, kucing, musang, gajah, tikus, kuda, babi, sapi, kijang, domba, kera, serta jenis unggas (ayam, merak, merpati, elang, angsa, dan betet).