EDS (Energy Dispersive x-ray Spectroscopy)

merupakan suatu teknik analisa yang berfungsi mengetahui unsur atau sifat kimia dari suatu sampel. Teknik analisa ini biasanya dikombinasikan dengan alat lain yang menggunakan sinar elektron sebagai prinsip kerjanya, misalnya Scanning Electron Microscope (SEM), atau Transmission Electron Microscope (TEM). Sinar elektron yang menumbuk sampel akan menyebabkan elektron tereksitasi (lihat di bagian XRF), sehingga akan timbul sinar-x karateristik yang selanjutnya […]

EDTA

adalah singkatan dari etilen diamin tetra asetat. EDTA merupakan suatu asam amino polikarboksilat dan tidak berwarna, zat padat yang larut dalam air. EDTA berperan sebagai ligan heksadentat dan zat pengkhelat, yaitu kemampuannya menjadi sequester ion logam. EDTA merupakan senyawa kompleks khelat yang dapat digunakan untuk mengikat kation logam bervalensi dua seperti Ca2+ dan Mg2+ dan bervalensi tiga seperti Fe3+, […]

Edukasi

adalah proses pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan baru. Edukasi juga dapat diartikan sebagai bimbingan untuk mencapai perkembangan yang lebih baik. Edukasi merupakan pengalaman yang mencerahkan. Candi Borobudur dibangun oleh nenek moyang sebagai sarana untuk kontemplasi, perenungan, pembelajaran untuk menjadi insan yang lebih baik diantaranya dengan belajar melalui relief yang dipahatkan pada dinding-dinding candi.

Ekor Burung

adalah salah satu jenis sambungan antar batu pada Candi Borobudur agar saling berkaitan. Dalam bangunan candi tidak terdapat bahan perekat semacam semen. Sambungan ekor burung ini terdapat pada bagian batu yang berlubang maupun pen sebagai penguncinya.

Ekskavasi = Excavation (ing)

adalah penggalian yang dilakukan di tempat yang mengandung benda purbakala. Pada saat pemugaran II tahun 1973-1983, diadakan ekskavasi besar-besaran di area sekitar Candi Borobudur. Tujuan ekskavasi tersebut adalah untuk menyelidiki tinggalan arkeologi yang masih terpendam di dalam tanah. Penggalian arkeologis dimulai dari tahun 1951 sampai dengan 1980. Penggalian arkeologis dilakukan oleh berbagai instansi seperti kantor […]

Ekskavasi Arkeologi

Adalah penggalian yang dilakukan di tempat yang mengandung benda purbakala, salah satu teknik pengumpulan data melalui penggalian tanah yang dilakukan secara sistematik untuk menemukan satu atau himpunan tinggalan arkeologi dalam situasi insitu. Ekskavasi arkeologi dilakukan sesuai dengan tujuannya yaitu ekskavasi penelitian merupakan ekskavasi yang dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data selengkap mungkin dalam kepentingan untuk […]

Ember

Ember adalah tempat air berbentuk silinder (terbuat dari plastik, seng, dan sebagainya) dipakai juga untuk menampung, menimba, atau membawa air. Pada kegiatan konservasi ember digunakan untuk wadah air karena sebagian dari aktivitas konservasi menggunakan air sebagai bahan pembantu. Ember juga digunakan secara fleksibel untuk keperluan lainnya, misalnya untuk membawa pasir atau bahan lainnya serta peralatan.

Emisi gas buang

adalah sisa hasil pembakaran bahan bakar di dalam mesin pembakaran dalam, mesin pembakaran luar ataupun sistem pembuangan mesin, seperti emisi gas buang dari kendaraan bermotor. Emisi gas buang tersebut membahayakan kelestarian batu Candi Borobudur karena mengandung asam yang dapat melapukkan batuan candi.

Endapan

adalah zat padat yang tidak larut dalam cairan sehingga teringgal di suatu tempat, seperti endapan debu atau lumpur dari abu vulkanik gunung berapi yang menempel pada selasar dan dinding Candi Borobudur. Endapan tersebut berakumulasi pada nat dan saluran air sehingga perlu dilakukan pembersihan dinding candi dan pembongkaran saluran drainase.

Epigrafi

Adalah cabang arkeologi yang berusaha meneliti benda-benda bertulis yang berasal dari masa lampau. Salah satu contohnya adalah prasasti. Prasasti merupakan sumber bukti tertulis (berupa tulisan ataupun gambar) pada masa lampau yang dapat memberikan informasi mengenai peristiwa dimasa lampau, asal usul seorang raja atau tokoh atau genealogimaupun penanggalan. Berdasarkan ilmu epigrafi inilah dapat diketahui berbagai informasi dari prasasti pendek yang dipahatkan pada relief Candi Borobudur.